Selasa, 03 April 2012

Latar Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis - Artikel 2

Tujuan Komunikasi
Tujuan komunikasi pada dasarnya tetap sama, bagaimanapun hebatnya revolusi elektronika dan revolusi-revolusi lain yang akan datang. Dalam artikel ini saya mengambil tujuan komunikasi menurut Arnold dan Bowers, 1984; Naisbit.1984. yaitu :

A. Menemukan Salah satu tujuan utama komunikasi menyangkut penemuan diri (personal discovery). Dengan berbicara tentang diri kita sendiri dengan orang lain kita memperoleh umpan balik yang berharga mengenai perasaan, pemikiran, dan perilaku kita.
B. Untuk berhubungan
Salah satu motivasi kita untuk melakukan komunikasi yaitu membina dan  memelihara hubungan dengan orang lain. Dengan begitu hubunga antar manusi akan baik.
C. Untuk meyakinkan
Media masa yang menampilkan iklan itu termasuk berkomunikasi dengan tujuan meyakinkan. Artinya penyampai pesan meyakinkan penerima pesan (penonton) untuk membeli prosuk yang ditampilkan pada iklan tersebut.
D. Untuk bermain Kita menggunakan banyak perilaku komunikasi kita untuk bermain dan menghibur diri. Kita mendengarkan pelawak, pembicaraan, musik, dan film sebagian besar untuk hiburan. Demikian pula banyak dari perilaku komunikasi kita dirancang untuk menghibur orang lain (menceritakan lelucon mengutarakan sesuatu yang baru, dan mengaitkan cerita-cerita yang menarik).

Komponen-komponen komunikasi
A. Lingkungan komunikasi
B. Sumber-Penerima
C. Enkoding – Dekoding
D. Kompetensi Komunikasi
E. Pesan
F. Saluran
G. Umpan balik
H. Gangguan
I. Efek Komunikasi
J. Etik dan kebebesan memilih

Komunikasi Tatap Muka
Komunikasi tatap muka adalah suatu bentuk komunikasi yang mempertemukan secara tatap muka pihak komunikator dan komunikan. Pesan disampaikan secara langsung dari komunikator, dan secara langsung dapat langsung menerima umpan balik/feedback dari komunikan. Keuntungan menggunakan komunikasi interpersonal tatap muka adalah kita dapat melihat respon balik atau umpan balik komunikan saat melakukan proses interaksi. Jika umpan balik yang diberikan bersifat positif, maka kita pesan kita dapat diterima dengan baik oleh komunikasn. Sebaliknya bila respon bersifat negative, maka kita sebagai komunikator harus memperbaiki cara penyampaian pesan yang dimaksud.
Kelemahan dari komunikasi tatap muka adalah ketidak efektifan waktu. Komunikator dan komunikan harus bertemu dalam melakukan proses komunikasi dan menghabiskan waktu bersama di sebuah tempat. Memang, sebenarnya komunikasi tatap muka dapat menjadi lebih efektif bila melakukan hal melobby yang biasa dilakukan oleh para pimpinan perusahaan dengan pimpinan perusahaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar