Selasa, 03 April 2012

Latar Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis - Artikel 1


1. Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dengan Pasar

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan berkomunikasi kita dapat melakukan hal apa saja termasuk berbisnis. Pada dasarnya komunikasi  terbagi menjadi dua macam yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Dalam dunia bisnis komunikasi yang digunakan pun sama yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Walaupun bentuk komunikasinya berbeda tapi tujuannya tetap sama yaitu untuk penyampaian dan pengiriman pesan.
seiring perkembangan zaman alat komunikasipun semakin berkembang. Perkembangan tekhnologi yang muktahir khususnya dibidag komunikasi semakin membuat pelaku bisnis semakin kompetitif dalam menyampaikan informasinya baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi mempunyai peranan penting dalam bisnis sebab produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, lembaga, organisasi ata bidang bisnis lain tanpa adanya komunikasi yang baik, teratur dan lancar produk barang atau jasa yang dihasilkan akan mengalami hambatan bahkan tidak akan berkembang. Contoh suatu perusahaan yang bergerak di bidang fashion akan berkembang apabila produk yang dihasilkan perusahaan tersebut dipromosikan melalui  internet seperti facebook atau twitter. Sebaliknya jika perusahaan tersebut tidak menggunakan alat komunikasi dalam dunia bisnis masyarakat tidak ada yang mengenal produk tersebut dan bisa jadi perusahaan tersebut tidak berkembang.  

2. Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi atau perusahaan. Untuk itu supaya komunikasi dapar berjalan lancar perlu diketahui konsep dasar komunikasi, yaitu :
a. Definisi Komunikasi
b. Model Komunikasi
c. Prinsip-prinsip komunikasi

A. Definisi Komunikasi
Pengertian komunikasi sudah banyak didefinisikan oleh orang. Dari banyak pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.


B. Model Komunikasi
model komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses yang memperlihatkan kaitan antara satu komponen komikasi dengan komponen lainnya. 
1. Model Lasswell
2. Model Shannon

C. Prinsip-Prinsip Komunikasi
Memahami prinisip=prinsip komunikas sangat penting agar lebih mengetahui segala bentuk dan fungsi komunikasi.

1. Komunikasi adalah paket isyarat
2. Komunikasi adalah proses penyesuaian
3. Komunikasi Mencakup Dimensi Isi Dan Hubungan
4. Komunikasi Melibatkan Transaksi Simetris dan Komplementer
5. Rangkaian Komunikasi Dipunkuasi
6. Komunikasi Tak Terhindarkan
7. Komunikasi Bersifat Tak Reversibel

Peranan Komunikasi
Peranan komunikasi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari dalam melakukan kontak baik individu maupun kelompok. Tanpa disadari proses komunikasi sudah terjadi sejak seseorang dilahirkan. Proses penyampaian pesan pada umumnya dilakukan dengan lisan (verbal) namun dapat pula dilakukan hanya dengan melalui gerakan tubuh (non verbal). Dengan berkomunikasi kita dapat menyampaikan pesan yang dimaksud untuk siapa dan seperti apa pesan itu disampaika. Tanpa adanya komunikasi orang tidak akan mengetahui maksud dari hal yang ingin kita sampaikan. Oleh karena itu peranan komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar